Rabu, 29 Oktober 2014

Proposal Survey Sistem informasi kas

Lamp   : 1 Berkas
Hal      : Surat Izin Praktek Lapangan

Kepada Yth

Di
Batusangkar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Doa dan harapan kami kepada Allah swt, semoga Bapak / Ibu berada dalam keadaan sehat wal’afiat serta sukses menjalankan aktifitas sehari-hari. Amiin.
Sehubungan dengan perkuliahan yang sedang kami jalani yaitu Sistem Informasi Akuntansi (SIA) di  STAIN Batusangkar, pada:
                        Hari/Tanggal        :
            Tempat                :
            Waktu                  :

Demikianlah laporan kegiatan ini kami sampaikan, atas bantuan dan kerja sama Bapak berikan kami ucapkan  terima kasih.

                                               
                                                                              Batusangkar, 22 November 2013
                                                                              Mengetahui,




      Nasfizar Guspendri S.E.,M.Si
     Nip. 19750823  200312  1  004




 
PROPOSAL
KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI


A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang semakin cepat membutuhkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan serta dapat mengikuti perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Sumber Daya Manusia sebagai salah satu faktor penentu dari proses perkembangan teknologi memegang peranan penting karena merupakan ujung tombak dari perkembangan teknologi.
Perkembangan Teknologi Informasi telah menciptakan keunggulan kompetitif dunia usaha. Dalam beberapa decade, terlihat 4 macam teknologi yang perkembangannya relative menonjol, diantaranya adalah teknologi informasi, teknologi manufaktur, teknologi transportasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mempunyai dampak paling dominan terhadap lingkungan bisnis.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang merupakan suatu system informasi tertua atau dapat dikatakan pula suatu aplikasi system computer utama yang pertama untuk mengolah data akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) memiliki empat tugas dasar sebagai pengumpul data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyimpanan dokumen Jika Anda adalah seseorang yang ingin masuk ke bisnis baru, pentingnya akuntansi tidak boleh diabaikan. Akuntansi dan Keuangan adalah dua istilah yang sangat berguna dalam bisnis apakah Anda bekerja pada hari ke rekening kegiatan hari atau strategi jangka panjang yang dihadapi Anda saat membuat dan menjalankan sebuah perusahaan. Software Akuntansi selalu merupakan pilihan karena dapat berarti biaya setup rendah bersama dengan membantu Anda memulai bisnis dengan pembukuan yang baik dan prinsip-prinsip akuntansi dari awal.
Peneriamaan kas perusahaan berasal dari dua sumber utama : penerimaan kas dari penjualan tunai dan peneriamaan kas dari piutang. penerimaan kas dari penjualan tunai dapat berupa uang tunai, credit card, sale slip, atau cek pribadi (personal check). Penerimaan kas dari piutang dapat berupa cek atau giro bilyet.
Sistem penerimaan kas dari penjualan tunai idealnya memiliki beberapa fungsi yang harus ada pada suatu perusahaan yaitu fungsi penjualan, fungsi kas, fungsi gudang, fungsi pengiriman dan funsi akuntansi. Adapun gunanya yaitu agar mendorong terciptanya pengendalian intern yang baik didalam lingkungan perusahaan itu sendiri dan agar dapat mempertanggung jawabkan data atau informasi pada setiap fungsi.
Yang kedua sisem penerimaan kas dari pelunasan piutang. bedasarkan sistem pengendalian intern yang baik sistem penerimaan kas dari piutang harus menjamin diterimanya kas dari debitur perusahaan.
Pengeluaran kas dalam perusahaan dalam perusahaan dilakukan dengan menggunakan cek. Pengeluaran kas yang tidak dapat dilakukan dengan cek biasanya karena jumlahnya relatif kecil, dilaksanakan melalui dana kas yang diselenggarakan dengan salah satu diantara dua sistem yaitu fluctuanting-fund-balance system dan imprest system.
Sistem pengendalian intern  yang baik dalam sistem kas mensyaratkan agar dilibatkan pihak luar (bank) ikut serta mengawasi kas perusahaan. Seperti pada penerimaan kas, kas harus disertor dalam jumlah penuh ke bank pada hari yang sama dengan penerimaan kas atau pada hari kerja berikutya.
Peran Teknologi Informasi Akuntansi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan bisnis pada berbagai fungsi dan level manajerial, menjadi suatu hal yang sangat penting bagi pengelola bisnis khususnya pada peningkatan kinerja keuangan suatu perusahaan.
Untuk mengetahui dan mengamati peran teknologi Sistem Informasi Akuntansi kami akan melakukan “kegiatan praktek lapangan” terhadap program akuntansi yang di gunakan dalam usaha produksi air minum dalam kemasan Tasri di CV MultiRezeki Selaras.

B.     TUJUAN DAN KEGUNAAN
Pelaksanaan Praktek Lapangan sebagai perwujudan kebijaksanaan dari proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dalam sebuah usaha.
Sedangkan kegunaan Praktek Lapangan ini adalah :
  1. Memperoleh pengalaman praktis tentang sistem informasi akuntansi yang diterapkan di sebuah badan usaha ataupun lembaga keuangan.
  2. Mengenal dan merasakan secara langsung proses sistem informasi dalam sebuah usaha.
  3. Menambah Pengetahuan serta wawasan mahasiswa dalam dunia informatika khususnya dalam bidang sistem informasi akuntansi.
  4. Mengetahui sistem penerimaan dan pengeluaran kas di
  5. Mengetahui dokumen yang digunakan terkait dengan penerimaan dan pengeluaran kas.
C.    NAMA KEGIATAN
Nama dari kegiatan ini adalah PRAKTEK LAPANGAN DI CV MULTIREZEKI SELARAS ”

D.    TEMA KEGIATAN
“MENINGKATKAN PEMAHAMAN  SISTEM PENERIMAAN KAS DAN PENGELUARAN KAS  MELALUI PRAKTEK LAPANGAN DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR




E.     PELAKSANA
Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Akuntansi Syariah “B” kelompok III, dengan anggota:
1.      LUZI ERMAWATI
2.      MARDAWIRA
3.      MEIDYA PUTRI
4.      RINY LISTIA INDRIANI
5.      TRY INDAH NOMITA
6.      NEGA SUSANTI
7.      MEGA FITRIA
8.      KARTIKA DEWI
9.      TAERMIZI

F.     URAIAN TUGAS  :
1.      Mendapatkan informasi tentang Fungsi-fungsi yang terdapat pada sistem penerimaan dan pengeluaran kas.
2.      Mengetahui dan mendapatkan informasi berupa jenis dokumen dan formulir yang digunakan pada sistem akuntansi.
3.      Mendapatkan informasi  Sistem aplikasi komputer akuntansi yang digunakan perusahaan, perkembangan teknologi informasi perusahaan.
4.      Mampu memahami rangkaian prosedur pada system penerimaan dan pengeluaran kas serta sistem pengendalian internal.
5.      Mampu mendesain Flowchart sistem akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan.

G.    PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan  ini dilaksanakan pada :
Hari                       :
Tanggal                 :
Waktu                   :
Tempat                  : CV MultiRezeki Selaras
                                      Payakumbuh

H.    METODE PENELITIAN
1.      Wawancara (Interview)
Pengumpulan data dalam metode ini dilakukan melalui konfirmasi langsung dengan pihak perusahaan baik dengan pimpinan maupun karyawan terkait.

2.      Observasi lapangan
Turun langsung ke lapangan melihat bagaimana prosedur atau proses pelaksanaan sistem informasi akuntansi.

3.      Review dokumen
Pengumpulan data juga dilakukan melalui review berbagai dokumen sumber seperti dokumen-dokumen transaksi dan laporan yang ada pada perusahaan.

I.       PENUTUP
Demikianlah proposal ini kami buat dengan sesungguhnya sebagai pertimbangan bagi semua pihak yang bersangkutan demi suksesnya kegiatan praktek lapangan yang akan kami laksanakan. Atas segala bantuan dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.


                                                                               Batusangkar, 22 November 2013
                                                                               Hormat Kami,


                                                                              
                                                                               Team Survei



Tidak ada komentar:

Posting Komentar