Selasa, 02 Desember 2014

management letter dan representation letter

A. Pengertian Management Letter

    management letter adalah sebuah surat yang diuat oleh Kantor Akuntan Publik yang ditujukan kepada client (perusahaan yag diaudit) yang berisikan kelemahan-kelemahan sistem pengendalian internal beserta saran-saran perbaikan terhadap SPI client

B. hal yang harus diperhatikan dalam membuat management letter yang baik
  1. harus tepat waktu
  2. memuat saran saran yang bbermanfaat dan dapat diterapkan
  3. tidak memberikan saran yang surprice (mengejutkan)
  4. menggunakan bahasa yang baik, dan tidak menyinggung perasaan orang lain
  5. sebaiknya kelemahan-kelemahan dan saran-saran yang akan di sampaikan tersebut berurutan sesuai dengan pos-pos neraca dan laba rugi
  6. saran yang bermanfaat harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan dan dapat menunjukkan kemauan baik KAP untuk membantu dalam mengembangkan usaha client
  7. diakhir kalimat , hendaknya ucapkan terima kasih
C. cara mempelajari SPI client

  1.    narrative 
  2. internal control questionaries
  3. flowchart
  4. memo
setelah melakukan complience test, maka dibuat suatu simpulan yang berisi temuan (kelemahan dan kelebihan dalam spi client) yang dirangkum dalam management letter kemudian diampaikan / diberikan kepada perusahaan lebih tepatnya kepada manajger puncak atau pejabat yang lebih tinggi. misalnya jika kelemahan ditermukan di bagian penjuanan, maka serahkan management letternya kepada menajer penjualan nya.

D. Manfaat Management Letter
  1.  bagi perusahaan yang diaudit / client
          a. dapat mengetahui kelemahan-kelemahan SPInya 
          b. mengambil tindakan untuk mengatas kelemahan2 tersebut sehingga bisa lebih baik lagi
  1. bagi KAP
         a. meningkatkan nama baik perusahaan KAP
         b. dengan kepuasan client terhadap pekerjaan KAP, maka akan menginformasi/menyarankan kepada orang lain untuk menggunakan jasa kita (promosi)
         c. jumlah client bertambah banyak

  1. bagi staf KAP

       .a. meningkatkan taraf kesejahteraan pegawai
        b. memiliki kesempatan untuk mempelajari SPI dari berbagai jenis perusahaan client
         c. melatih membuat Management letter yang baik

E. Representation letter

yaitu surat yang dibuat oleh perusahaan client yang ditujukan kepada KAP yang berisi kesediaan atas saran-saran yang diajukan KAP sebagai perbaikan atas Kelemahan SPI perusahaan tersebut, yang sebelumnya telah didiskusikan dengan pihak KAP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar