Kamis, 06 November 2014

METODE DAN CARA MEMBACA ALQURAN

A. METODE TARANNUM
yaitu membaca alquran dengan menggunakan irama yang diciptakan untuk memperindah lantunan ayat suci alquran. artinya, ada ritme dan nada tertentu yang dilagukan oleh qori/qori'ah. contoh yang biasa kita dengar adalah ketika ada Musabaqah Tilawatil Quran

B. METODE TARTIL ATAU MURATTAL yaitu metode yang digunakan untuk membaca alquran dengan irama tetapi sifatnya konstan. sepeti yang dilakukan para qori/qoriah yang ada di rekaman atau audio visual.

C. METODE TARBID, 
   
Yitu cara membaca alquran dengan cepat tetapi tetap memperhatikan tajwid alquran yang benar, cara ini biasanya diajarkan ketika belajar membaca alquran dikatu kecil. coba kita ingat, bagaimana guru ngaji mengajarkan kita membaca alquran, misalnya bacaan surat An-Nas :

 qul a'u zu birob bin nasmalikin nas, ilahinnas
pada bacaan yang ditebalkan dan dimiringkan diatas dibaca panjang

D. METODE TADWIR
     yaitu cara cepat bca alquran dengan bergetar, atau tidak jelas memperhatikan tadwid. gunanaya metode ini yaitu pada saat menghafal ayat atau bacaan dimana untuk langkah pertama kita hafal dahulu dengan cara baca secara berulang-ulang hingga benar-benar hfal. baru setelah itu kita latih kecepatan membaca agar hafalan melekat di okta belakang, jika sudah demikian maka insyallah hafalan tersebut terjga dan ingat hingga di usia senja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar