Senin, 10 Agustus 2015

Faktor Penyebab Rendahnya tingkat populasi masyarakat yang membayar zakat

Indonesia merupakan nagara yang sangat berpotensi dalam pengumpulan dana zakat. selain itu tingginya tingkat kemiskinan membuat the power of zakat perlu cepat dirasakan oleh masyarakat. namun ya beginilah kondisi sementara negeri kita,, zakat belum optimal bisa ditarik sebagaimana Alquran fardhukan,, kendati semuanya ada dalam proses,, namun perkembangannya saya rasa lambat,,

apa gerangan yang menjadi penyebab dari kondisi ini...??? bila kita searching ,, jumlah lembaga zakat sudah menjamur disetiap kota,, hingga ke kabupaten,,

maka saya pun coba mempelajari beberapa hal yang sangat memicu lambatnya perkembangan penghimpunan zakat oleh BAZ/LAZ dibandingkan dengan potensi yang ada.

1. kurangnya persatuan dan komitmen bersama untuk melaksanakan amanah sebagai badan amil
2. dukungan pemerintah pun dirasa hanya secukupnya
3. sosialisasi yang dirasa tidak kreatif ditambah lemahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap badan aamil,,

saya berpendapat demikian karena saya membandingkan dengan sebuah organisasi amil yang menurut saya memiliki good management serta pemikiran2 yang baru sebagai strategi bagaimana kita dapat menarik zakat dari seluruh elemen yang emang terkena wajib zakat, seperti pegawai/pekerja, pengusaha badan,, instansi pemerintahan dan swasta,, serta sosialisasi yang menyeluruh tentang zakat.

maka dari itu,, dukungan pemerintah seperti APBN, dan peraturan hukum yang perlu untuk dipertimbangkan lagi,, agar kerja baznas pun terselenggara dengan sebaik-baiknya masa ke masa.

bila anda ingin bayar zakat,, tak perlu bingung,, searching ajah LAZ.BAZNAS.. ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar